Rabu, 21 Desember 2011

Karir Pengusaha


Sebagian besar anak muda bangsa ini, masih belum tahu banyak tentang apa yang harus mereka lakukan untuk dirinya sendiri. Karir menurut mereka hanya bekerja pada perusahaan orang lain, bekerja pada sektor pemerintah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), POLRI dan TNI, bekerja pada perusahaan perbankan, menjadi pilot, menjadi guru, dosen, dokter dan beberapa profesi yang terkait dengan bekerja pada pihak lain. Hal ini cukup meresahkan jika terus-menerus terjadi, karena bisa jadi potensi alam dan lingkungan sekitar kita tidak segera teroleh dan termanfaatkan dengan baik. Kondisi ini tercipta karena tidak banyak orang tua yang memberikan pengetahuan tentang jenis pekerjaan apa yang bisa dipilih oleh sang anak. Sementara di masyarakat kita masih terdapat prinsip-prinsip feodal dimana pekerjaan tertentu dianggap sebagai priyayi sementara pekerjaan yang lain tidak.
Sudah saatnya masyarakat kita perlu dirubah pola pikirnya, sudah saatnya anak muda menggali lebih dalam mengenai jenis profesi yang bisa digeluti di masa depan. Jenis profesi yang dipilih akan berpengaruh terhadap kriteria sukses yang diberikan oleh masyarakat. Terkait dengan jenis profesi yang dapat dipilih di masa depan, semakin berkembangnya potensi ekonomi dan lingkungan jenis profesi juga akan semakin berkembang. Berkembangnya jenis profesi di masa depan harus selalu diikuti, dahulu orang tidak mengenal profesi managemen artis, sekarang menjadi manajemen artis sangat menjanjikan uang yang berlimpah. Dahulu dunia entertainment belum berkembang dengan pesatnya, semkain berkembangnya dunia hiburan telah memunculkan bisnis event organizer (EO), bisnis catering, bisnis sewa mobil, bisnis sewa alat hiburan dan lainnya.
Sebelum bicara lebih banyak tentang profesi, kita akan lihat dulu profesi yang banyak dikenalkan para orang tua kita terhadap anak-anaknya. Orang tua kita akan bangga jika kita  menjadi priyayi atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal ini tentu tidak salah, tetapi tidak ada salahnya jika orang tua kita diberikan pemahaman mengenai pekerjaan-pekerjaan lain yang dapat dipilih di masa depan. Inilah pekerjaan yang sering disebut anak-anak SD:
Dokter
TNI
Menteri
Camat
Guru
Pilot
Bidan
Bupati
Polisi
Presiden
Lurah
Gubernur

Masih jarang terlihat anak-anak kecil yang waktu ditanya mau jadi apa, dia bilang jadi pengusaha. Oleh karenanya, saya berkeinginan untuk memasyarakatkan profesi pengusaha sebagai pilihan karir di masa depan. Ada fakta yang tak terbantahkan betapa majunya Propinsi Gorontalo setelah  kepemimpinan Ir. Fadel Muhammad sebagai gubernur, dan majunya beberapa kabupaten di Indonesia setelah dipimpin sosok pengusaha. Pemimpin yang menjiwai entrepreneurship bisa lebih memastikan potensi sumber daya yang tersedia teroleh dengan baik walaupun hal ini masih dalam kasus tertentu (belum diakui secara akademis). Karena memang visi pengusaha adalah selalu berusaha menjadi yang terbaik dan berorientasi hasil.
Dalam banyak tulisan di media massa tentang karir sekalipun juga masih melihat peningkatan karir dalam ruang manajemen yang telah dibuat atau telah tersistem. Orang dikatakan karirnya bagus jika memulai pada satu titik dan mendapatkan promosi secara cepat. Belum pernah diulas bahwa peningkatan karir berstandar pada kinerja yang independen. Orang yang menjadi pengusaha yang sukses pada hakekatnya karirnya telah menanjak dengan sangat baik. Sebagai ilustrasi pegawai swasta dengan gaji awal sebesar Rp 2 juta, akan dikatakan berkarir bagus jika secara cepat baik jabatan dan naik gaji misalnya sampai dengan Rp 7 juta. Tetapi tidak pernah pengusaha yang berpendapatan mungkin lebih besar dari itu dikatakan berkarir bagus. Buat seorang pengusaha memang bukan karir yang dikejar tetapi kesuksesan, sehingga di masyarakat pengusaha yang berhasil disebut pengusaha sukses. Namun sukses ini ternyata dimaknai oleh banyak orang secara berbeda-beda. Orang yang awalnya tidak punya mobil setelah menjadi pengusaha memiliki mobil dan rumah bisa dikatakan sukses. Tetapi bagi orang yang sudah punya mobil dan rumah mungkin akan mencari kriteria sukses yang lain.
Kembali pada karir, dewasa ini pilihan karir lebih berkembang lagi, meningkatnya potensinya dan meningkatnya kebutuhan serta kualitas sumber daya manusia telah memunculkan pilihan karir lebih banyak daripada beberapa tahun lalu. Orang bisa bekerja dan berkarir pada sektor pemerintahan maupun sektor swasta. Di bawah ini ditampilkan sektor-sektor yang bisa dipilih untuk masa depan, antara lain :
No
Sektor Yang Bisa Dipilih
Karir
1
Sektor Pemerintah
Pegawai Pemda, Pegawai Departemen, Aparat Kelurahan, Dokter Pemerintah, Guru PNS, Bupati, Presiden, Menteri, Gubernur, TNI dan POLRI dan lainnya.
2
BUMN
Pegawai Pertamina, Telkom, PLN, Bank BUMN, Pilot BUMN dan lainnya
   3
Manufaktur
Pabrik Roti, Tempe dan Tahu, Pabrik Elektronik, Pabrik Mainan Anak, Industri Batik dan Fashion, Boneka, Pembuatan alat industri rumah tangga dan lainnya.
Jasa
Fotografi, Event Organizer, Salon, Konsultan, Pijat Refleksi, dan lainnya.
Perdagangan
Minimarket, Rumah Makan, Perdagangan Fashion, Perdagangan Mobil dan Motor, Toko Bangunan dan lainnya.

Melalui buku ini saya mengajak mari jadikan pengusaha sebagai karir. Jadikan kita pengusaha sukses dengan terus berupaya. Saya bertanya kepada hampir semua rekan pengusaha yang ditemui dengan pertanyaan yang sama, pertanyaannya adalah mengapa menjadi pengusaha. Ternyata jawaban yang keluar kira-kira terangkum dalam jawaban di bawah ini :
1.      Mencapai kesuksesan hidup
2.      Menolong orang lain
3.      Membantu pemerintah mengatasi pengangguran
4.      Menjadi orang yang mandiri
5.      Menjadi orang yang bebas dan tidak diatur orang lain
6.      Mengembangkan potensi ekonomi wilayah
7.      Pengakuan orang lain
8.      Mengembangkan ekonomi sesama
9.      Ketiadaan alternatif lain sehingga harus memilih menjadi pengusaha
10.  Meneruskan usaha orang tua
11.  Sambilan sebagai pekerjaan utama
12.  Mengisi waktu luang
13.  Memanfaatkan potensi teman dekat
14.  Memanfaatkan relasi
Jawaban-jawaban di atas, muncul dari orang yang mempunyai latar belakang dan karakter yang berbeda. Seorang kawan yang masih muda, memberikan jawaban bahwa pilihan menjadi pengusaha adalah sebagai langkah menjadi orang yang mandiri dan menjadi orang yang bebas dan tidak diatur orang lain. Jawaban yang berbeda keluar dari orang yang saya anggap sebagai sosok yang spiritualis dan religius, jawaban yang muncul adalah bermanfaat dan mengembangkan ekonomi sesama. Jawab lain datang dari orang yang lebih tua dan sudah banyak mengenyam pengalaman. Beliau ini termasuk kategori sukses menurut ukuran kebanyakan orang, jawaban yang muncul darinya ternyata pilihan menjadi pengusaha adalah mengembangkan potensi ekonomi wilayah dan membantu pemerintah mengatasi pengangguran, sebuah jawaban yang sangat mulia.
Ada banyak hal yang melatarbelakangi pilihan menjadi pengusaha, tetapi sebagian besar dari mereka memiliki antusiasme, visi dan misi hidup, keyakinan, dan optimisme. Menjadi pengusaha tidaklah mudah tetapi amat sangat tidak sulit, artinya kita bisa menjadi pengusaha saat ini juga, tetapi untuk sukses perlu perjuangan. Perjuangan menjadi sukses dengan memiliki sifat dan karakter untuk sukses.  Karena tanpa kerja keras dan visi yang jelas, apa yang sudah direncanakan belum tentu sesuai dengan kenyataan.

Karir menjadi pengusaha bisa menjadi salah satu alternatif untuk sukses di masa depan. Dengan kemandirian dan bekal semangat serta antusiasme pilihan sukses di maasa depan bisa digenggam, tentunya dengan kerja keras dan kerja cerdas. Buat yang masih bimbang mau berkarir di bidang apa? Berkarirlah sebagai pengusaha.

1 komentar:

  1. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di asia karena buruk ekonomi di beberapa bagian, seperti Indonesia, Malaysia dan lain-lain. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan seorang teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda SANDRAOVIALOANFIRM kontak yang lebih baik. menghubungi mereka melalui email:. (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus