Selasa, 16 Agustus 2011

Sekapur Sirih

Perjalanan Panjang Pesantren Bisnis

Perjalanan panjang pelatihan bisnis telah kami lalui, bahkan dari tahun 1996, sejak kami masih menjadi mahasiswa. Pelatihan, seminar bisnis, workshop dan apapun bentuknya yang bertujuan untuk memberikan semangat, motivasi sekaligus tindakan agar orang bisa belajar berproses menjadi pengusaha/pebisnis.

Metode dan kurikulum pelatihan dalam jangka pendek maupun pendidikan bisnis dalam kurun waktu yang lebih panjang telah coba kami susun. Dalam perkembangannya kami terus berproses menyempurnakan metode agar metode kami lebih baik dan lebih baik lagi. 

Pesantren Bisnis ini adalah methamorphosis dari lembaga konsultan yang bernama CBC (Community Business Club) pada tahun 1999-2004, lalu berubah nama menjadi MIXMATCH pada tahun 2004-2008, lalu berubah menjadi BE SCHOOL (Business and Entrepreneur School) pada tahun 2008-2011, dan sekarang melebur kedalam nama Pesantren Bisnis. 

Perubahan nama ini mengindikasikan adanya perubahan dalam content dan kurikulum pembelajaran yang semula hanya bersifat pengetahuan akademis dan pengalaman konsultan, ditambah dengan muatan spiritual yaitu kajian dari Qur'an dan Hadist tentang hukum-hukum bisnis. 

Istilah pesantren diambil dari model pendidikan Islam yang dianggap cukup konservatif, namun kami sengaja menggunakan istilah ini dan kami gabung dengan bisnis, sehingga tercipta nama Pesantren Bisnis. Kami berharap masyarakat akan langsung menangkap maknanya bahwa Pesantren Bisnis merupakan tempat belajar bisnis bagi masyarakat muslim.

Segmentasi masyarakat muslim sengaja kami pilih karena selain sebagai lembaga pendidikan alternatif untuk mendidik pengusaha muslim, lembaga ini juga merupakan lembaga modern yang bisa digunakan oleh masyarakat sebagai sarana konsultasi bisnis dan menciptakan jaringan   bisnis. Untuk mendukung program jaringan pengusaha, Pesantren Bisnis berafiliasi juga dengan Padepokan Pengusaha dan GAPMI (Gabungan Pengusaha Muslim Indonesia).

Untuk melebarkan jasa dan layanan, Pesantren Bisnis berkantor pusat di Jakarta yang sebelum terjadi perubahan nama berkantor di Purwokerto Jawa Tengah. Kami berharap kehadiran kami sebagai lembaga pelatihan bisnis modern yang bernuansa Islami bisa diterima oleh masyarakat muslim Indonesia. Kami bertekad mewujudkan terjadinya perkawian antar bisnis dan etika, sehingga positioning statement Pesantren Bisnis adalah Menyatukan Bisnis dan Etika.
Dengan bersatunya bisnis dan etika, kami berharap bisnis yang curang, bisnis yang membodohi dan bisnis yang ribawi lainnya bisa dihilangkan dari kebiasaan masyarakat bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar