Rabu, 21 Desember 2011

Mental Pengusaha


Datang paling pagi, pulang paling sore dan siap membantu siapa saja. Sikap mental inlah yang menarik dan menjadi pembelajaran bagi mahasiswa salah satu sekolah bisnis di Depok dan Jakarta dalam membina jiwa entrepreneurship mahasiswanya. Datang paling pagi dan pulang paling sore memberikan arti antara lain :
1.      Pengusaha harus disiplin terhadap aktifitas yang telah direncanakan dan tujuan yang telah ditetapkan.
2.      Pengusaha harus menyediakan waktu lebih awal dibandingkan dengan karyawannya.
3.      Pengusaha harus mempersiapkan pekerjaan dengan baik.
4.      Pengusaha harus mengawali pekerjaan dengan penuh semangat dan antusias.
5.      Pengusaha harus menjadi contoh bagi karyawannya.
Sedangkan makna, siap membantu siapa saja artinya seorang pengusaha harus mampu berkomunikasi dengan siapa saja, bermanfaat bagi siapa saja dan tidak membeda-bedakan dengan siapa berhubungan. Pengusaha harus memiliki kesadaran untuk semakin banyak melayani, karena semakin banyak melayani berarti semakin banyak barang terjual, semakin banyak jasa terjual dan semakin banyak orang atau calon konsumen memberikan apresiasi terhadap usaha kita.
Sikap-sikap mental positif harus dikembangkan oleh pengusaha untuk menjadi sukses, beberapa sikap mental yang harus dikembangkan antara lain :
1.      Bersyukurlah agar kesuksesan senantiasa diberikan oleh Sang Penguasa Langit, karena dengan bersyukur tercipta suasana jernih dan keikhlasan.
2.      Bersabarlah atas adanya ujian dan cobaan, karena ujian dan cobaan akan menaikkan tingkat atau kelas kita.
3.      Beranilah memikul tanggung jawab, karena dengan tanggung jawab lebih besar kita jadi tahu seberapa besar kekuatan kita.
4.      Kepastian bahwa tidak lama setelah muncul kesulitan akan ada kemudahan, jangan berhenti dan terus berupaya.
5.      Ketekunanlah yang akan mengantarkan pengusaha menjadi sukses dan bukanlah kepintaran semata.
6.      Berikan kepada sesama kebutuhan mereka, karena mereka yang kita beri bisa jadi memberikan lebih banyak kepada kita.
7.      Beranilah memulai, walaupun biasanya memulai membutuhkan keberanian sangat tinggi,berilah tindakan mulai dari sekarang dan saat ini juga.
8.      Buatlah perubahan atas kinerja yang mapan yang tidak membesarkan perusahaan anda, walaupun perubahan itu sangat sulit untuk dilakukan.
9.      Ciptakan suasana sukses setiap saat, jangan letakkan kegembiraan anda pada sesuatu yang sulit dicapai, nikmati kegembiraan anda saat ini juga.      
Pertemuan dengan rekan-rekan pengusaha hampir setiap hari terjadi, dari banyak pengusaha yang ditemui, terdapat kesamaan sifat di antara mereka yang meraih sukses dan juga terdapat sifat dari mereka yang kurang sukses. Kita akan bicara kharakter khusus pengusaha sukses. Pengusaha sukses memiliki ciri – ciri yang tidak jauh berbeda di antara mereka.
Saya mencatat dari mereka yang sukses paling tidak memiliki nilai-nilai positif antara lain :
1.      Memiliki Visi dan Misi Jelas.
Visi dan misi yang jelas menjadikan pengusaha terfokus pada pekerjaannya, sehingga langkahnya tersusun secara sistematis berdasarkan strategi yang telah disusun terlebih dahulu melalui feasibility study yang layak dan Business Plan yang telah disepakati. Seorang pengusaha yang demikian memerlukan proses adaptasi terhadap semua perubahan atas lingkungannya dengan cepat.
2.      Kepercayaan Diri Kuat.
Pengusaha sukses tidak terlepas dari tingkat keyakinan yang tinggi terhadap dirinya sendiri, pengusaha yang demikian memiliki prinsip bahwa setiap orang akan terfokus pada kepentingannya sendiri. Prinsip ini memberikan inspirasi bahwa yang sanggup menolong dirinya sendiri bukanlah orang lain. Kepercayaan diri yang kuat memiliki dimensi atas keyakinan yang besar terhadap kemampuan dirinya serta keyakinan yang besar bahwa setiap usaha yang dia jalankan akan dibalas oleh Tuhan Semesta Alam akan keberhasilannya. Kepercayaan diri juga memiliki dimenasi kuat terhadap kemandirian serta optimisme.
3.      Orientasi Hasil.
Dalam bekerja pengusaha sukses memiliki orientasi terhadap hasil yang jelas, sehingga dia menetapkan target laba, target pekerjaan dan dia juga memiliki semangat untuk diakui dan tidak ingin gagal. Seorang pengusaha sukses memiliki kebutuhan terhadap prestasi yang tinggi, dan ini merupakan dorongan yang sangat kuat terhadap tekadnya untuk bekerja keras, semakin energik dan penuh inisiatif dan sangat antusias terhadap hal baru.
4.      Pengambilan Resiko.
Pengusaha sukses bukan penjudi sukses. Pengambilan resiko diambil dengan takaran yang bisa dilalui dan demikian juga dengan tantangan yang diambil adalah tantangan yang sudah direncanakan. Seorang pengusaha sukses memiliki ukuran yang lebih besar dalam pengambilan resiko, artinya bisa saja seorang pengusaha tidak berani mengambil kesempatan bisnis di depan mata, tetapi pengusaha sukses akan dengan sigap dan tangkas dalam menangkap peluang yang sama.
5.      Mindset Positif.
Pengusaha sukses selalu memiliki mindset positif, dia tidak pernah mengatakan saya akan gagal, tetapi saya akan coba laksanakan, saya akan perbaiki strateginya, saya akan berhasil. Dia akan banyak belajar dari setiap kesalahan yang terjadi dan memperbaikinya. Dia juga tidak pernah secara sengaja melakukan pelanggaran terhadap norma yang berlaku. Kinerjanya positif dan hasilnya positif. Kegagalan baginya adalah buah dari kesalahannya sendiri,  sehingga dia bisa belajar dari kesalahan itu dan memperbaikinya dengan cepat untuk berhasil. Salah satu prinsip yang dipegang adalah belajar lebih cepat daripada menunda untuk berhasil.
6.      Originalitas.
Pengusaha sukses mampu melihat sesuatu yang harus diadakan sehingga menuntut dirinya lebih kreatif dan inovatif. Dia akan berusaha mencipta sesuatu yang baru dan dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk itu dibutuhkan lebih banyak kesempatan yang dia ciptakan untuk lebih banyak belajar (riset) untuk menemukan produk baru atau memperbaharui produk yang sudah ada.
7.      Nilai Spiritualitas.
Sebagian besar pengusaha sukses memiliki nilai spiritualitas yang tinggi. Nilai spiritualitas ini berkaitan dengan kepercayaan pada Sang Pencipta Langit dan Bumi. Pengusaha sukses memiliki pemahaman terhadap rasa syukur dan mengimplementasikannya dalam kehidupan seharĂ­-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar