Rabu, 21 Desember 2011

Definisi Pengusaha


Wiraswastawan/wirausahawan/pebisnis/pengusaha, sekali lagi mari kita pilih sebutan pengusaha. Sebelum kita bicara lebih banyak tentang istilah ini, yang telah kita sepakati istilahnya menjadi pengusaha, terlebih dahulu akan saya ketengahkan pengertian-pengertiannya. Menurut, Geoffrey G Meredith et al, pengusaha adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis; mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan daripadanya dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan sukses. Robert D Hisrich dan Mechael P. Peter, mendefenisikan sebagai berikut : Entrepreneurship is the process of creating different with value by devoting the necessary time and effort, assuming the accompanying financial, psychic, and personal satisfaction.
Menurut J Kao, defenisi yang tepat dari istilah pengusaha sangat tidak mudah untuk didefinisikan, tetapi pengusaha adalah katalisator, seorang pengusaha membuat sesuatu menjadi ada, pengusaha dengan kreatifitasnya membuat sesuatu yang baru (inovasi) dan sangat antusias untuk melaksanakannya. Sehingga pengusaha adalah creator dan inovator. Oleh karena itu pada akhirnya, J Kao mendefinisikannya sebagai berikut : Entrepreneurship is attempt to create value through recognition of business opportunity, and through the communicative and management skills to mobilize human, financial and material resources necessary to bring a project to fruition.
Menurut Gouzali Saydam, entrepreneur adalah seseorang yang memiliki jiwa dagang dan melakukan kegiatan bisnis sebagai profesinya. Gouzali membedakan antara entrepreneur dan pengusaha biasa. Entrepreneur menurutnya adalah seorang yang memiliki sifat-sifat antara lain :
1.      Selalu optimis dan tidak pernah pesimis
2.      Secara terus menerus dapat melihat peluang yang tidak dapat dilihat oleh orang lain
3.      Tidak pernah merasa puas dan dapat mengeksploitasi perubahan yang ada
4.      Selalu mempunyai komitmen untuk menang
5.      Mempunyai intuisi yang tajam, dan dapat menangkap sesuatu yang tidak dapat ditangkap oleh orang lain.
6.      Merupakan orang yang action oriented bukan hanya omong besar.
7.      Dapat memanfaatkan setiap ancaman menjadi peluang.
Menurut Richard Cantilon, entrepreneur adalah orang yang menanggung risiko yang berbeda dengan orang yang memberi modal. Joseph Schumpeter mendefinisikan, entrepreneur is the person who destroys the existing economics order by introducing new products and services by creating new forms of organization or by exploiting new raw materials. David Mc Clelland, mengemukakan bahwa entrepreneur adalah seorang yang energik dan membatasi risiko. Peter Drucker, memberikan defenisi entrepreneur adalah orang yang mampu memanfaatkan peluang. Sedangkan Bygrave menjelaskan entrepreneur is the person who perceives an opportunity and creates an organization to persue or it.  Menurut Rasyid Yusup, pengusaha haruslah memiliki 3 kharakter utama yaitu : kreatifitas, inovasi dan kepuasan. Kreatifitas dapat diartikan sebagai semangat untuk berbuat, inovasi diartikan sebagai kemampuan menciptakan sesuatu yang baru atau sesuatu yang lama dengan cara baru yang tentunya lebih efisien, dan kepuasan dapat dimaknai sebagai pemberian kepuasan kepada orang lain berupa pelayanan/penciptaan produk bermutu dan kepuasan bagi dirinya sendiri karena keberhasilan merealisasi ide menjadi kenyataan dan berhasil.


Berikut ini adalah defenisi pengusaha yang merupakan inti pemikiran tentang pengusaha, beberapa intinya antara lain :
No
Nama
Definisi Inti
Nilai-Nilai
1
Geoffrey G Meredith
·         Pengusaha adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis (Opportunity)
·         Mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan daripadanya. (Resources)
·         Mengambil tindakan yang tepat guna memastikan sukses. (action)
·         Peluang
·         Sumber daya
·         Action
2
Robert D Hisrich dan Mechael P. Peter
·         Entrepreneurship is the process of creating different with value by devoting the necessary time and effort,
·         Assuming the accompanying financial, psychic, and personal satisfaction.
·         Menciptakan perbedaan
·         Nilai
·         Sumber daya (financial dan psychic)
·         Kepuasan diri
3
Menurut J Kao
·         Entrepreneurship is attempt to create value through recognition of business opportunity,
·         and through the communicative and management skills to mobilize human, financial and material resources necessary to bring a project to fruition.
·         Kreator
·         Inovator.

4
Gouzali Saydam
·         Entrepreneur adalah seseorang yang memiliki jiwa dagang dan melakukan kegiatan bisnis sebagai profesinya.
·         Selalu optimis dan tidak pernah pesimis
·         Secara terus menerus dapat melihat peluang yang tidak dapat dilihat oleh orang lain
·         Tidak pernah merasa puas dan dapat mengeksploitasi perubahan yang ada
·         Selalu mempunyai komitmen untuk menang
·         Mempunyai intuisi yang tajam, dan dapat menangkap sesuatu yang tidak dapat ditangkap oleh orang lain.
·         Merupakan orang yang action oriented bukan hanya omong besar.
·         Dapat memanfaatkan setiap ancaman menjadi peluang.
·         Jiwa dagang
·         Optimis
·         Peluang
·         Eksploitasi Perubahan
·         Komitmen menang
·         Action oriented



5
Richard Cantilon
·         Orang yang menanggung risiko yang berbeda dengan orang yang memberi modal.
·         Pengembil risiko
6
Joseph Schumpeter
·         Entrepreneur is the person who destroys the existing economics order
·         By introducing new products and services by creating new forms of organization or by exploiting new raw materials.
·         Produk dan jasa baru
·         Sumber daya baru

7
David Mc Clelland
·         Entrepreneur adalah seorang yang energik dan membatasi risiko
·         Energik
8
Peter Drucker

·         Entrepreneur adalah orang yang mampu memanfaatkan peluang.
·         Peluang
9
Bygrave
·         Entrepreneur is the person who perceives an opportunity and creates an organization to persue or it.  
·         Peluang
1O
Rasyid Yusup :
·         Pengusaha haruslah memiliki 3 kharakter utama yaitu : kreatifitas, inovasi dan kepuasan.
·         Kreatifitas
·         Inovasi
·         Kepuasan

Dari definisi yang dikemukan tidak terlihat bahwa unsur utama pengusaha adalah uang. Saya sendiri dalam perjalanan riset dan pelatihan akhirnya mendefenisikan bahwa pengusaha adalah orang-orang yang memiliki kharakter khusus dalam menangkap peluang bisnis yang ada di lingkungannya, sehingga dibutuhkan jiwa mencipta serta memperbaharui untuk mengoptimalkan bekerjanya sumber daya yang terbatas (financial resources, human resources, material resources and the other resources) untuk mencapai tujuan terciptanya kepuasan bagi dirinya dan sesamanya.

Pengusaha merupakan orang yang siap mandiri dan siap membahagiakan orang lain bahkan masyarakat luas dengan mengoptimalisasikan potensi yang tersedia. Menjadi pengusaha adalah perjuangan dan bernilai ibadah. Bernilai ibadah karena telah mengangkat harkat hidup orang lain bahkan jika menjadi pengusaha sukses telah memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas hidup secara makro.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus